Profil Teknologi Benih

Jumat, 09 Januari 2009


Teknologi benih atau sering disingkat tekben merupakan sebuah bidang konsentrasi di Politeknik Negeri Jember program diploma 4. Di Politeknik ini terdapat dua angkatan dalam bidang konsentrasi Teknologi benih. Kami merupakan angkatan kedua dan hanya berbeda satu semester dengan angkatan pertama bidang teknologi benih.

Sebelum berada di Politeknik Negeri Jember kami berkuliah di PPPPTK Pertanian Cianjur Jawa Barat. Jadi, semacam joint program antara PPPPTK Pertanian Cianjur dengan Politeknik Negeri Jember. Angkatan kedua teknologi benih terbentuk pada tanggal 17 September 2007, atau pada saat itu merupakan pemilihan ketua kelas. Ketua kelas pertama yang memimpin teknologi benih mulai dari awal perkuliahan sampai sekitar 3 semester adalah Salani. Baru pada awal semester 4 terjadi perubahan kepemimpinan. Dari semester 4 sampai sekarang pemimpin kelas teknologi benih angkatan 2 adalah Salman Farisi.


Angkatan kedua teknologi benih mempunyai misi utama menggali sebanyak mungkin ilmu perbenihan tanaman serta memajukan pertanian di bumi nusantara.
Pada saat ini terdapat 27 mahasiswa teknologi benih angkatan dua. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia diantaranya: 9 orang berasal dari Cianjur -Jawa Barat, 7 orang berasal dari Kalimantan Timur, 3 orang berasal dari Indramayu -Jawa Barat, 3 orang berasal dari Sukabumi -Jawa Barat, dan sisanya berasal dari Gorontalo, Lombok Timur, Bandung, serta Tapanuli Utara.
Saat ini mahasiswa teknologi benih angkatan dua sedang menginjak semester 6. Mata kuliah pada semester ini cukup banyak terdiri dari komputer 2, bahasa inggris 2, manajemen keuangan, manajemen produksi, rancangan percobaan, dasar-dasar genetik dan pemuliaan tanaman, ilmu kealaman dasar, ilmu sosial serta budaya dasar. Kegiatan perkuliahan biasanya diawali dengan pemberian teori kemudian melakukan praktikum.
Prestasi anak tekben diantaranya telah melakuka praktik kerja lapangan (PKL) sehingga sudah memiliki sebuah karya tulis masing-masing. Beberapa anak diantaranya memiliki IPK diatas 3,9 diantaranya yang paling tertinggi ditempati oleh Anggraini Nabila V, Satia Nurcahyani, dan Cana Nuranisa. Prestasi lain seperti olahraga di bidang sepakbola, catur, melukis, telah mendapat juara di tingkat kampus.
Harapannya semua mahasiswa teknologi benih dapat menyelesaikan kuliah program diploma 4 ini dengan baik dan nilai yang memuaskan. Tetap semangat and never say give up!


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya tertarik dengan D4 teknologi benih ini, untuk angkatan 2010 apa masih di buka? Trus bagaimana sistem perkuliahannya? mohon informasinya.. email saya : satrioliwung@gmail.com Terimakasih.

Anonim mengatakan...

saya tertarik dengan teknologi benih,,
dan saya juga tertarik dengan mesin air screen cleaner,,
kira-kira kami bisa dapatkan mesinnya dimana ya,,
tolong di email : suryaagromandiri_sam@yahoo.com
terimakasih

Posting Komentar