Say hai for tekben !!!

Kamis, 09 April 2009

Sebenarnya sudah telat kalau harus menulis tentang kondisi mahasiswa tekben (teknologi benih) angkatan 2 yang sudah berada di Politeknik Negeri Jember sekitar 2 bulan. Tapi tidak apalah daripada tidak sama sekali.
Perjalanan dari Vedca (Vocational Education Development Center For Agricultur) Cianjur atau sering dikenal dengan PPPPTK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pertanian) Cianjur-Jawa Barat ke Politeknik Negeri Jember- Jawa Timur masih menyimpan kenangan dan rasa capek yang belum hilang. Perjalanan 2 hari satu malam menaiki kereta api dari Bandung ke Surabaya dan dilanjutkan ke kota Jember memang merupakan suatu pengalaman yang tidak dapat dilupakan begitu saja. Bukan masalah naik kereta or perjalanan jauh dan lamanya perjalanan, tapi kebersamaannya itu lho yang bikin asyik. Bayangkan ada sekitar 200 mahasiswa yang berjejer menempati 4 gerbong kereta, al-hasil kekompakan serta persahabatan antar mahasiswa alumni kami semakin erat. Dengan didampingi beberapa dosen dari PPPTK Pertanian Cianjur tentu saja perjalanan kami semakin seru!

Intinya gimana setelah sampai di Jember!
Wah! Hujan euy begitu nyampe di stasiun yang ga tau namanya di kota Jember anak-anak Vedca langsung diguyur hujan lebat. Tapi tenang bala bantuan datang dari mahasiswa angkatan terdahulu yang udah lebih dulu nyampe Jember ditambah personil mahasiswa asli Politeknik Jember sendiri. Tentunya ngangkutin barang-barang kita, he he he....
Dengan menaiki mobil bus khusus mahasiswa, dengan bangganya anak-anak masuk ke areal Politeknik Negeri Jember. Udah nyampe langsung dikasi makan lagi! Tapi begitu panitia penyambutan atau apalah kemarin namanya saya juga kurang tau, memberikan arahan bahwa esok pagi kita harus langsung ikut kaya semacam pengenalan kampus n jam 7 harus udah stand by dikampus lagi.
Singkat cerita pengenalan kampus telah berakhir. Intinya tulisan ini saya buat untuk menjembatani aspirasi beberapa mahasiswa teknologi benih. Setelah 3 minggu kegiatan perkuliahan berlangsung saya melakukan semacam polling pada mahasiswa teknologi benih. Pertanyaannya ”Menurut anda bagaimana kondisi Politeknik Negeri Jember (Polije) jika dibandingkan dengan Vedca/PPPPTK Pertanian Cianjur dilihat dari pandangan anda sendiri?”
Satia Nurcahyani > sanur_frensip@yahoo.co.id berpendapat ”Vedca memang mendukung materi perkuliahan kita. Dari segi alat praktik luar biasa super canggih untung aku sempat menginjakan kaki disana. Jadi ga gaptek-gaptek amat dengan alat-alat pendukung kegiatan perbenihan. Pokoe alatna luar biasa bangedh, ga kalah sama alat-alat yang ada diperusahaan keren sekelas East West Seed, malah lebih canggih Vedca kali..... Dosen Vedca sangat kompeten, sesuai sama keadaan hati dan otak mahasiswanya hehehehe..... Sejauh ini Polije biasa-biasa aja......tapi kalo soal hiburan boleh dah Polije memang....... Penting!!! Sebagai mahasiswa bukan penerima beasiswa unggulan Dikti, tolong dong ya transparasi dan akuntabilitasnya mengenai biaya kuliahnya, kok mahal bangedh......;P”
Salman Farisi > seed_yamato73@yahoo.co.id berpendapat ”kalo menurut g perbedaannya sangat jauh. Yang jelas yang jauh lebih panas, lebih jauh dari rumah dan jauh lebih murah makanannya. Dilihat dari segi fasilitas Vedca jauh lebih lengkap dan menurut standar yang berlaku. Namun satu kelebihan Polije selain bangunannya yang wah ........ kalo dilihat dari luar yaitu lebih santai dan yang penting tidak terlalu banyak tugas khususnya laporan. Tapi jeleknya justru karena terlalu santai qt jadi terbawa-bawa malez dan kadang-kadang target tidak tercapai”
Badar Maulana Muhamad > badai_hunterxhunter@yahoo.co.id berpendapat ”perbedaannya sangat bedalah, seperti jempol dengan kelingkin..... Vedca lengkap, dari lab, lapangan, alat dan mesin, dosen yang berkualitas,dan disana merupakan tempat penataran buat guru, kalau Polije mana ada ......... tapi, kalau untuk hard skill, Polije lebih unggul ...... dan Polije merupakan Politeknik ke 10 terbesar di Indonesia. Walau bagaimanapun, tetap Vedca yang paling bagus”
Yanti Umamah > yanoi_29@yahoo.co.id berpendapat ”Vedca sama Polije jauh banget.....!!!!! dari sini kita dapet pengalaman. Kalo ”nama” tu ga ngejamin kualitas bagus.... Vedca walaupun belum terkenal, tapi lebih berbobot dari pada Polije. Di Vedca ada Pak Arinto, di Jember???? Ada siapa hayo...??? ada Pak Endro. Kalo ga da Vedca sebelumnya.... kita ga akan ketemu...”
Asri Nopiyanti > ciezha@ymail.com berpendapat ”pertama kali nya yang wah gitu.... secara gitu Polije yang terbaik yang masuk sepuluh besar gtu...... tapi nyatanya??? Aduh..... beneran nih Polije??? Hehehehe.... praktiknya alatnya ga lengkap, kartu perpus exlusive banget.... liat fotonya kita yang wah TOP BGT hehehe... kenapa belajarnya disatuin ya mas??? SKSnya berapa??? Knapa mau online minta pasword??? Eh... pengumumannya kok ga di tempel, malah dari mulut ke mulut?? Tapi kelebihannya adalah q bisa mandiri, secara jauh dari my love city... my parent I L U..... hiks...hiks....hiks... liburan.... asoy geboy.... qta ber adventure ria to round about Jember and many city in East Java... increase my knowledge about Jawa, Madura language wahahaha... jadi inget pas ada cwo tampan pas di dengerin dy ngomong texta bletak-bletuk .... wk wk wk.. hi lucu kan? But I still love Vedca.... scara in my city... I miss U... never end, wanna go home Vedca.... Vedca.... Vedca.... my mom I wanna huge, kiss U mmmuah... (nie cht)”
Yuni Lestari Dewi > unitari@yahoo.com berpendapat ”Polije bagus nama doang!! Katanya Politeknik (Pol-polnya praktek) tapi... ternyata.... (pol-polnya gak karuan) Alat nothing, tdk terkoordinasi, metoda tidak terstandarkan. Ah pokoke Very Different pisan. It’s too more very so differnce.”
Nurkholisoh > sekarepe_mu@yahoo.com berpendapat ”No other word say that Vedca is the best. But we must realize that we are in Polije now. So, whatever that we must accept the reality. Our life must go on.....”
Fitria Agustina Sihombing > fitria_agustinas_k4207135_tb@yahoo.co.id berpendapat ”Vedca??? Hmmm..... the best for me.....!!!! kenangan Vedca mmang begitu indah... pa lagi waktu ngenet..!! excellent coy...!!! hospotan di mana-mana, kecepatannya luar biasa!!! Vedca, the best bagi Cianjur city. Horas Medan....!!! Jember??? Yang ada panas....!!! itulah kesan pertamaku....!!!!, tapi ya bolehlah.....!!!! good too,, tapi Vedca lekat dihatiku yang penting joint truss...!!! muach....muach....”
Sederet nama diatas merupakan mahasiswa teknologi yang telah memberikan pendapat mereka masing-masing. Tidak dapat saya tarik kesimpulan dari pendapat yang ada karena saya rasa masih kurang mewakili dari mahasiswa teknologi benih sendiri pa lagi jika dilihat dari keseluruhan mahasiswa Vedca (bilang aja malez). Akhirnya dari seluruh kru yang bertugas mengucapkan terima kasih dan sampai jumpa (kaya acara apa ajah). Never say give up!!


1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah artikel dan bloggnya bagus banget nih..... mantap bro..!!
salam kenal dari tamiang blogger (http://tissueculturist.blogspot.com/) follow or comment ya di blog ku!! ^_^ biar blogg ku ngga terlalu katro gitu...heheheh :D
:-*

Posting Komentar