Selamat Datang Di Blog Teknologi Benih

Selasa, 01 Maret 2011

Blog ini sengaja di buat khusus untuk membicarakan masalah perbenihan tanaman. Di dalam blog ini terdapat berbagai macam ilmu pengetahuan dalam bidang pertanian khususnya dalam bidang perbenihan tanaman. Masalah perbenihan di Indonesia tidak dapat disepelekan begitu saja. Karena benih merupakan salah satu faktor penting dalam suatu usaha budidaya tanaman. Benih merupakan suatu parameter keberhasilan produksi tanaman. Artinya, dalam suatu kegiatan budidaya tanaman dapat dilihat dari mutu benih yang digunakan. Apabila benih yang digunakan memiliki mutu yang baik maka hal ini dapat menjamin keberhasilan budidaya tanaman itu sendiri.
Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1995 Tentang Perbenihan Tanaman telah disebutkan bahwa :
“Benih merupakan sarana produksi utama dalam budidaya tanaman, dalam arti penggunaan benih bermutu mempunyai peranan yang menentukan dalam usaha meningkatkan produksi dan mutu hasil. Untuk mendapatkan benih bermutu diperlukan penemuan varietas unggul yang dilakukan melalui usaha pemuliaan tanaman yang diselenggarakan antara lain melalui kegiatan pencarian, pengumpulan, dan pemanfaatan plasma nutfah baik di dalam maupun di luar habitatnya dan atau melalui usaha introduksi dari luar negeri. Benih dari varietas unggul, untuk dapat menjadi benih bina, terlebih dahulu varietasnya harus dilepas. Produksi benih bina harus melalui proses sertifikasi dan apabila akan diedarkan harus diberi label.”
Di Indonesia sebenarnya telah banyak lembaga pemerintah yang bergerak dalam bidang perbenihan. Namun, peran serta dari lembaga pemerintah ini masih harus perlu dipertanyakan. Banyak permasalahan timbul dari lembaga-lembaga berplat merah, walaupun beberapa diantaranya telah berperan sesuai dengan fungsinya masing-masing.  Sekali lagi masalah perbenihan di Indonesia tidak dapat dikesampingkan begitu saja. Karena peran serta bidang perbenihan tanaman banyak mendukung keberhasilan pembangunan pertanian di Indonesia.
Pengetahuan petani akan dunia perbenihan di Indonesia perlu mendapat perhatian serius. Banyak petani yang kurang mengenal bagaimana pentingnya mutu benih tanaman serta mengesampingkan berbagai hal yang terkait dengan mutu tersebut. Bahkan hal tersebut diperparah lagi dengan kurangnya pengetahuan akan kultur teknis di lapangan. Sehingga banyak penghambat yang timbul hanya karena kurangnya masalah perbenihan dan kultur teknis tanaman.
Melalui blog ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang dunia perbenihan tanaman. Sehingga pengetahuan akan dunia perbenihan tanaman seharusnya menjadi hal tidak terdengar asing  lagi bagi kalangan rakyat Indonesia khususnya para petani. Sehingga hal ini dapat meminimalisir adanya faktor penghambat dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Blog ini juga diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi beberapa kalangan yang bergerak langsung dalam bidang perbenihan tanaman.



8 komentar:

biji tanaman hias mengatakan...

wah makasih lo,
kapan2 boleh mnta bantuaanya yah,
salam kenal

Rahmad's mengatakan...

saya lagi mencari buku karangan lita sutopo yang berjudul teknologi benih klo ada info tolong beri tahu saya di rahmad27@gmail.com

Anonim mengatakan...

Saya juga konsen di bidang perbenihan so ingin bergabung di Blog ini, tks.

Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

HARGA ORIS BREAST CREAM mengatakan...

website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

harga fiforlif mengatakan...

nice post, gan... Keep posting!!

Posting Komentar